• Post Title

    Category

    Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s,when an unknown printer...

    Buton


  • Kata orang, masa SMA adalah masa- masa sekolah yang paling indah. Setelah gue ngejalani sendiri, gue menemukan keasikan pada dunia kepramukaan di saat gue mengenyam SMA. Yap, gue cinta sama ni kegiatan.

    Di sekolah gue, pramuka adalah ekskul wajib buat kelas X. Tapi, walau ada peraturan kayak gini ternyata nggak banyak siswa yang bolos ekskul. Gue tau lah, kalo pramuka itu kegiatan yang ngabisin tenaga, baris kayak tentara di bawah terik matahari sampe item, apalagi kalo ada steling alias penggojlogan ala anak- anak pramuka, bahkan ada temen gue yang nyebut kalo naka pramuka itu kiengers, mungkin ini yang bikin sebagian siswa nggak tertarik sama pramuka. Padahal, kalo kita mau eksplor secara luas kegiatan pramuka nggak Cuma mencari jejak yang monoton.

    Contoh gue, setahun pertma gue ikut pramuka pangkalan sekolah gue ato sebutan kerennya gacut smantang, singkatannya Gajah Mada-Cut Nyak Dhien SMA N 1 Batang. Gue dapet sekarung pengalaman.

    Pertama gue dikenalin sama kegiatan yang judulnya PTA ato Perkemahan Tamu Ambalan. Acara ini adalah kemah besar- besaran yang diadain buat nyambut siswa baru dan sekaligus pelantikan dari pramuka penggalang jadi pramuka penegak. Biasanya di sekolah gue, PTA digabungin sama KBO alias Kemah Bhakti OSIS yakni program kerjanya anak- anak OSIS. Selain ekonomis sekalian memperat hubungan antar organisasi. Nggak main- main, hampir semua ekskul terjun langsung di kegiatan ini walopun pemain utamanya tetep anak gacut sama OSIS, ada menspit a.k.a mental spiritual, PMR WIRA, Gassmapala ato klub pecinta alam, PKS, de el el. Kegiatan ini diadain di tempat yang jauh dari keramaina kota. Sumpah deh, kegiatan ini seru abis dan karenanya gue makin tertarik sama gacut.

    Guepun nggak pernah bolos ekskul, sampe nilai Pkn gue tuntas gara- gara gue rajin berangkat pramuka. Yah, di sekolah gue presentase keberangkatan ekskul pramuka berpengaruh sama nila Pkn.

    Lama- lama gue ikut, eh ada kegiatan gacut lagi namanya GCPB kepanjangannya Gladian Calon Penegak Bantara. Jadi, kita anak- anak penegak yang pingin naik pangkat jadi penegak bantara musti ikut nih kegiatan. Dan dari ini gue akhirnya ngerasain yang namanya jalan- jalan menikmati lingkungan sekitar sekolah gue pas tengah malem. Ngeri juga sih awalnya, gile aja nyusuri hutan malem- malem cuma betiga dan ditemenin lilin tiap 10 meternya.

    Experience has begin.

    Keterusan lagi ikut gacut eh ada lagi kegiatannya. Namanya GO alias Gacut Observation. Ini acara agak nyelempeng dari kegiatan umunya kepramukaan. Namanya juga observation, disini gue dan anak pramuka lainnya diajak ke home industri batik. Ngliat gimana caranya sebuah kain mori polos berubah jadi batik yang anggun. Dan kitapun dikasih kesempatan buat ngebatik sendiri.

    So fun lah.

    Lanjut lagi ada lagi kegiatan, Latgab a.k.a Latihan Gabungan. Tapi buat kegiatan ini ada seleksinya dan Cuma diambil 10 cewek dan 10 cowok. Gue lolos. Kegiatannya tuh sama kaya kegiatan pramuka pada umunya, baris, mencari jejak, api unggun, cuma bedanya kegiatan ini bareng anak- anak pramuka se Kabupaten Batang. Agak ngecewain sih menurutku acaranya, karna ujan yang nggak brenti- brenti jadi beberapa acaranya diilangin.

    But, it’s enough. Not bad lah.

    Lagi dan gue ikut lagi. Gue semakin kuat ikut arus gacut. Apalagi gue kepincut sama salah satu kakak DP yang cakep. Hahaha, buat selingan sekalian cinta kedua. Ups.

    Gue dapet info kalo penegak itu ada tingkatannya. Dan tingkat pertama itu bantara. Tapi biar jadi bantara itu ada perjuangannya dulu. Syaratnya Linmed. Apaan tuh. Jadi linmed itu singkatannya Lintas Medan dan karena ini linmed pertama namanya pun jadi LINMED 1. Pengalaman baru lagi, gue disuruh nyusurin kebon melati dan bakau pake kaki hingga sampe ke pinggir pantai. Seru, gue nggak pernah sebelomnya maen- maen ke kebon melati punya orang di pinggir pantai pula. Dan serunya lagi, gue dilantik jadi bantara pas tengah malem. Sebelumnya gue dkk latihan baris buat pelantikan dulu berminggu- minggu dan itu nggak sia- sia. Tambah asik lagi karna ada outbond di pantai dan gue sempet menikmati pemandangan bulan yang gede banget pake mata telanjang dari pantai pas subuh- subuh.

    Ini baru beda.

    Gacut nggak brenti sampe disitu. Kebetulan, eh bukan kebetulan. Buat anak- anak kelas X yang udah bantara bakal dijadiin panitia buat PTA tahun depan. Wah, asik akhirnya gue jadi panitia. Eits, tapi lagi- lagi ada syaratnya. Yah namanya juga pramuka. Syaratnya yaitu RRC. Apalagi ini. Untuk penyeleksian kita bakal jadi panitia apa kita disuruh ikut kegiatan yang namanya Rover Ranger Camp. Namanya juga kemping, kita kemah di daerah yang amat terpencil jauh dari peradaban. Lebay. Kita kemah di kecamatan yang juah dari hingar bingar dan masih asri. Kita dituntut untuk bisa memperlihatkan kemampuan kita dengan serangkain kegiatan yang pastinya masih seru. Dan gue juga ngerasain gimana rasanya jalan- jalan malam di daerah orang yang sepi banget dan kanan kiri cuma hutan. Sempet bergidik karena suasananya emang agak angker. Dan dari kegiatan itu, gue deserahin kewajiban jadi seksi keskretariatan

    Gue pun akhirnya jadi panitia di PTA tahun nya adek- adek kelas yang baru. Pengalaman jadi panitia pertama yang ternyata sangat melelahkan karena kebetulan 3 hari kegiatan ujan terus. Payah banget gue.

    Setelah naik kelas XI gue udah nggak berkewajiban buat ngikutin ekskul pramuka, tapi yang namanya terlanjur sayang. Gue tetep lanjut. Di kelas XI gue disiapin buat jadi Dewan Penegak dan jadi bakal penerus kakak DP. Awalnya gue sedih banget karna itu artinya kakak DP yang biasanya nglatih kita dan udah deket banget dengan kita bakal purna dan aku nggak bakal satu kegiatan lagi sama kakak cakep.

    Syarat pertama diadainlah itu yang namanya Magacut alias Musyawarah Ambalan Gajah Mada Cut Nyak Dhien. Kita nginep di sekolah 2 hari 1 malam dan isinya Cuma rapat. Nggak ada kegiatan lain selain ngerapatin semua perihal buat dewan kerjaku yang akan dibentuk.

    Suntuk gila dah. Hahaha

    Kegiatan puncak buat jadi dewan penegak akhirnya gue ikutin, ini nih kegiatan gacut yang bener- bener pake steling. Kita main waktu, telat dikit dapet konsekuensi. Nggak main- main, satu kesalahan bisa dapet setengah seri push up. Dan unutk kesalah satu anak, bakal ditanggung semuanya karna kita menerapkan sistem korsa. Gue dkk dilatih buat disiplin, tanggung jawab, dan korsa. Kata itu yang paling sering diucap waktu kegiatan. Ini semua buat kelangsungan dan masa depan dewan kerja gue. Setelah dibentak- bentak, disuruh ini itu, dan jalan- jalan malam kaya biasanya. Akhirnya pemilihan buat struktur organisasi yang baru. Gue nyalonin jadi ketua bidang kajian kepramukaan. Getol banget gue biar jadi Kabid kajipram. Tapi pas pemilihan, gue nggak kecantum di jabatan itu. Sempet kecewa, tapi buat apa. Dan belom ada nama yang ngisi jabatan Kabid Kajipram dan Pradana putri, dan ternyata sengaja dikosongin karna ada 2 calon yang bakal ngisi jabatan itu, yaitu gue dan temen gue si reza Kartikadewi. Gue freeze, speechless, unbelievable. Gue dicalonin jadi pradana ato Kabid Kajipram. Hahaha. Tapi yah emang gue jodohnya sama Kabid Kajipram sih ya.

    Dan sekarang gue jadi Dewan Penegak Bantara dengan jabatan Kabid Kajipram masa bhakti 2011/2012.

    Setelah jadi DP, ada keharusan buat naik tingkatan dari bantara ke laksana. Dan kali ini syaratnya nggak main- main. Selain harus nglengkapin syarat TKU laksana dan salah satu poinnya adalah perjalan kaki ke Dieng. Dinamain Linmed II, linmed yang beda jauh sama linmed I. DP yang baru jalan kaki menuju daratan Dieng dengan jalan kaki lewat tengah hutan, sawah, perbukitan, dari pagi sampe malam tiba. Bener- bener perjalan hidup gue yang amat mengesankan. Suka duka gue rasain dan gue akhirnya tau gimana lebih menghargai hidup dan gue jadi sadar siapa itu yang sebenernya temen.

    Ah jadi curhat. Hehehe

    Akhirnya, gue dilantik jadi Pramuka Penegak Laksana bareng adek- adek yang dilantik jadi bantara. Walopun kredit karen aTKU nya belom masih ada yang kosong, tapi gue merasa lengkap jadi seorang pramuka.

    Gue bener- bener ngerasain pengalaman yang nggak bakal gue temuin kalo nggak ikut pramuka. So, semua anggepan orang tentang pramuka yang negatif terpatahkan. Pramuka itu asik mamen, jangan ngejudge sesuatu cuma dari sampulnya aja. Bakal ketahuan kalo lo ikut dan ngejalaninya.

    Sekian.

    0 comment:

    Post a Comment

    Terima kasih sudah berkujung dan membaca kiriman saya. Kirim balik komentar kalian :)

    rss
    rss


    Copyright © 2010 kid.asya.riu All rights reserved.Powered by Blogger.