Sekolah gue tampak depan. baru aja ganti alamat :p |
Dulu,
dua tahun yang lalu sewaktu gue baru aja lulus dari SMP. Gue punya sebuah
keinginan untuk melanjutkan ke sekolah kota tetangga yang terkenal kualitas
lulusannya dan taraf yang udah sedikit lebih maju dari sekolah di kota gue.
Tapi apa daya, gue gagal ujian masuk. Akhirnya gue masuk ke sekolah nomor satu
di kota gue, keterima? Jelaslah. Banyak orang bilang, kalau lulusan SMP gue itu
cuma dipindahin isinya kesebelah. Secara SMP gue sebelahan sama SMA yang
sekarang gue tempatin. Bosen sih kesannya, tapi setelah gue jalanin nggak juga.
Kadang gue juga merasa nyesel dan iri sama temen- temen gue yang sekolah di
kota tetangga. Tapi gue tau, gue nggak bakal bisa nglakuin hal- hal berikut
kalau gue sekolah disana.
Kebetulan,
gue masuk ke kelas X.6 dan ada 18 temen gue SMP dari jumlah 32 anak di kelas
gue ini yang sekelas sama gue. Meskipun begitu, gue tetep nglakuin pembiasaan
dan adaptasi dengan lingkungan baru ini. Gue aja yang udah kenal hampir separuh
anak di kelas masih ngerasa canggung, gimana dengan mereka- mereka yang asalnya
dari daerah luar kecamatan nan jauh dan ada juga yang terpencil. Di kelas
paling hanya satu dua yang mereka kenal dari SMP atau sekadar perkenalan di
MOS. Ada juga yang satu- satunya dari SMPnya dulu.
Dan
yang pasti masih belum kenal satu sama lain, nggak tau dia pinter atau nggak,
dia cerewet atau lebih seneng ndengerin kicauan anak lain, karena hampir satu
kelas berdiam diri dan menimbulkan suasana sunyi senyap. Hanya kadang melempar
senyum. Ini awal- awal masuk kelas. Pernah gue nyoba nyairin suasana dengan kelakar-
kelakar gue, alhasil gue ngerasa mati gaya dan garing sendiri karena nggak ada
yang ketawa atau nanggepin, mereka ngliatin gue dengan kesan “ini anak lagi
ngapain?”. Terserah, gue nggak nyerah. Gue kurang suka dengan suasana yang
kaku. Lama kelamaan suasana mencair dan gue tau kalau beberapa anak dari kelas
gue ada yang asalnya dari ujung kota gue dan ada yang dari pegunungan. Awalnya
gue ngerasa takjub, karena di SMP gue belum pernah punya temen dari daerah jauh
dan kost disini. Gue sadar, ternyata gue yang katro di kelas ini. Er, abaikan.
Ini mushola tempat anak- anak kelas gue nggembel |
Dulu
ya, kebetulan sekolah gue pembelajarannya pakai sistem movingclass, kayak anak
kuliahan gitu deh. Tiap ganti pelajaran ya harus ganti ruangan. Dan yang bikin
gue sebel dari sistem ini adalah anak baru nggak hapal ruang- ruang dari banyak
ruang disekolah gue yang cukup luas dan rumit ini. Bener, pertama kali gue
masuk sebagai anak berseragam putih abu- abu, gue dikerjain sama ruang kelas!
Bukan cuma gue, tapi semua temen- temen kelas gue. Awalnya saling mencar
sendiri- sendiri bertualang mancari keberadaan ruang nomor 22. Sampai waktu
masuk tiba, belum ada yang nemu. Ada juga sih beberapa anak baru kelas lain masih
celingukan cari ruangan. Tapi, cuma kelas gue yang hampir lima belas menitan
cari ruang kelas. Gue sempet ngutuk, kenapa setiap kelas nggak dapet kelas
tetap aja! Gue ngerasa capek disuruh cari ruangan, lari sana lari sini, tanya
sana tanya sini. Kelas gue akhirnya kompakan nyari dan luntang luntung nggak
jelas. Udah kaya orang demo yang ditipu! Akhirnya kita tanya salah satu guru
yeng lewat, kita tanya letak ruang 22 dimana. Eh dijawabnya malah ruang bekas
perpus. Jangankan ruangan, mana kita tau ruang bekas perpus itu mana. Kita kan
anak baru pak!! Sekelas dongkol sendiri nyari ruangan 22, dan sempet mikir kalo
kelas kita ditipu kalo ruang 22 itu nggak ada. Akhirnya kelas gue pada nggembel
di masjid sekolah, sampai pada akhirnya ada anak yang nemuin ruangan 22. Emang
dasar, ruang 22 itu satu- satunya ruangan yang cuma kelihatan pintu masuknya
aja. Dan kesannya kayak gudang, karena didalamnya banyak buku- buku berserakan
dimana- mana. Mana tau itu ruang kelas. Susah payah nyari, eh dapetnya cuma
kelas gelap dan panas. Resek gila! Gue kira dapet kelas AC.
gerbang sekecil ini buat rebutan anak- anak |
Lorong, dimana gue dan temen- temen lari lari |
Cerita
tentang moving class lagi! Gue nggak akan pernah bosen untuk cerita tentang hal
ini. Benar- benar ladang cerita nan berkesan. Kali ini hubungannya sama ulangan
harian. Gue ngakak sendiri kalo inget ini. Waktu ulangan ada slogan paling
terkenal yang paling gue inget. “Posisi menentukan prestasi”. Nah, kalau anak-
anak sekolah lain mau ulangan bisa jadi mereka datang ke sekolah pagi- pagian
dan booking kursi paling belakang kalau nggak tengah, asal jangan paling depan.
Nyata kan? Itu sekolah lain. Sekolah gue juga gitu, tepatnya kelas gue. Tapi gimana
kalau ulangannya bukan jam pertama? Gimana kalau ulangannya habis istirahat
atau pas habis moving. Ini dia yang seru. Kita buka balapan pagi-pagian, tapi
kita balap lari. Jadi kejadiannya gini, kelas gue dapet jam pertama di ruangan
yang letaknya agak di belakang, dan di jam kedua nanti kelas gue ada ulangan
kimia sedang ruang kimia letaknya ada di ujung depan. Kalau hampir tiba
tenggang jam pelajaran mau habis, walaupun guru belum nyudahin pembelajaran.
Pasti ya, ini pasti. Temen- temen gue udah siap- siap dan masukin semua barangnya
ke tas buat cepet- cepetan lari. Kalau gue taktiknya bagi kerja, gue yang
beresin dan bawain tas temen sebangku gue, dan temen gue yang lari cepet-
cepetan booking tempat , jadi gue nggak perlu lari- lari. Dan yang gilanya,
temen- temen gue larinya udah kaya dikejar macan yang nggak makan seminggu.
Gila deh, larinya serentak sambil teriak- teriak histeris nggak karuan. Bahkan
kadang sambil tarik- tarikan seragam atau tas, dicampur ketawa- ketiwi karena
mereka sadar hal yang mereka lakuin itu konyol dan malu- maluin. Tapi semua itu
nggak penting, yang penting dapet tempat yang startegis buat ulangan. Anak-
anak lain yang liatin kadang ada yang ikutan ngakak, atau bergidik ngeri karena
ngerasa kayak dimedan perang dengan melihat anak- anak yang udah siap tempur.
Untungnya, bukan cuma kelas gue aja yang kayak gitu. Mungkin udah jadi tradisi.
Dari kakak kelas adek kelas ya gitu. Mau IPA mau IPS sama aja. Bener- bener
anarkis tapi fantastis!
Ini jadwal sekolah gue |
Bentuk jadwalnya bikin pusing! |
Akibat
dari moving lagi, hampir setiap pelajaran itu ruangannya berbeda. Dan yang
paling males gue lakuin adalah ngapalin jadwal dan ruang. Yang ada setiap pagi
gue rajin liat jadwal yang ditempel di papan pengumuman. Nggak cuma gue kok,
tapi anak- anak baru selalu ngerubungin papan pengumuman kayak liatin gosip
baru yang baru aja ditempel. Rame bener dah, pagi- pagi aja udah sesak- sesakan
dan teganya sekolah gue, cuma nempelin selembar jadwal buat kelas X, XI, XII
dalam satu tempat dan jejeran. Enaknya deh ditenggorin pas liat jadwal. Dan
yang nambah gue sebel, nulis jadwalnya itu bukan jadwal mapelnya tapi kode guru
yang ngajar dan nomor ruangan. Kadang mata gue juling karena liat jadwal yang
isinya cuma deretan angka- angka. Hal ini semakin menjadi- jadi saat gue naksir
sama kakak kelas. Kalau biasanya, gue cuma liat jadwal di pagi hari dan
selanjutnya ikut rombongan kelas, setelah gue naksir sama kakak kelas, gue jadi
semakin rajin liat jadwal. Hampir tiap ganti ruangan gue nyempetin liat jadwal
buat ngecek dimana keberadaan kakak kelas yang gue taksir. Secara, cuma jadwal
satu- satunya satelit sekaligus radar dimana kelas- kelas satu sekolah ada di
ruang mana. Nggak mungkin kan ngecek peruang, kurang kerjaan banget gue. Gue
juga jadi ngapalin letak- letak ruangan, biar tau kakak kelas itu ruangannya
deket sama kelas gue apa nggak. Kalau pas jadwalnya deket, gue bakal langsung
nyelonong ke kelas awalan biar bisa liat kakak kelas itu. Maklum ya, agak susah
untuk ketemu orang- orang di sekolah gue dengan adanya moving class ini.
Sebentar- sebentar di ruang ini, eh tiba- tiba udah pindah ruangan.
Ada
lagi pengalaman tentang moving class. Kisahnya kelas gue sering nggak kejatahan
kelas pas hari selasa pas jadwalnya bahasa Inggris. Karena ruang bahasa Inggris
gue itu nempati ruang biologi. Kalau kakak- kakak kelas ke lab biologi, ya
kelas gue yang nempatin ruang biologi. Tapi kalau kakak kelas ke ruang biologi,
kelas gue jadi luntang luntung nggak jelas. Pernah guru bahasa Inggris gue
diskusi panjang lebar sama guru biologi untuk nentuin siapa yang pakai ruang
biologi siapa yang pakai lab biologi. Jujur, kelas gue nggak suka dapet lab biologi
karena ruangannya panas dan diapit sama kantin dan WC. Pernah juga, kelas gue
kompakan ngusir kakak kelas yang mau nempatin ruangan biologi, dan setelah
kakak kelas ngadu ke gurunya jadilah kelas gue yang akhirnya kedepak. Kelas gue
sih fine- fine aja, karena kalau luntang luntung dan diPHP-in sama ruangan itu
artinya pembelajaran habis buat nyari ruang kosong. Secara temen- temen gue benci mapel bahasa Inggris, yang ada kalau
mereka disuruh cari ruang malah nyasar ke kantin. Nggak perlu ditiru, tapu
anak- anak kelas gue baik- baik kok. Cuma beberapa aja yang kaya gitu, dan
terkadang gue ikut juga.
Disekolah
gue ada beberapa ruangan yang gue benci, bukan karena suasana horornya tapi
dari segi kesejukan dan kecerahan ruangan itu. Ada ruangan yang satu- satunya
dipasangi kipas angin, tapi gelap dan sempit banget ruangannya. Ditambah
letaknya di sebelah WC, kalau duduk di
pojok sebelah kiri, pasti nggak tahan sama bau pesing. Ada lagi ruangan yang
bikin ngantuk karena panas apalagi kalau dapat mapel sejarah, ya tinggal berapa
watt aja ini mata nahan ngantuk. Sebenernya sekolah gue nggak kere- kere amat,
beberapa labnya dipasangi AC dan ruang guru juga. Tapi kalau semua kelas
dipasangi AC kayaknya nggak mungkin. Kata kepala sekolah gue, kalau semua kelas
dipasangi AC, bisa- bisa listrik satu kota mati karena habis dipakai sekolah
gue.
Kelas pengap, sempit, gelap, dan pesing :s |
Ya
kira-kira begitu cerita waktu gue kelas X. Ada lagi sih, tapi gue masih lupa.
Dan biar cerita ini nggak makin panjang, gue bikin per episode aja biar lebih
enak bacanya. Mungkin temn pertama ini moving class. Semoga ceritanya bisa
diterima, dan ada juga yang ternyata ngalamin ini. Hahaha, tenang aja nggak
usah takut karena bukan cuma elo yang nglakuin hal- hal konyol di kelas X, ada
gue! Sekian aja, paypay ^^
0 comment:
Post a Comment
Terima kasih sudah berkujung dan membaca kiriman saya. Kirim balik komentar kalian :)